Cara Menulis Iklan Yang Mendatangkan Klik - Dasar
>> Kamis, 29 April 2010
Sebelum anda mulai menulis iklan, selalu ingat bahwa dalam pasar yang tidak kompetitif sekalipun, iklan anda harus berjuang untuk dapat menghasilkan penjualan. Bila tidak, iklan-iklan itu hanya akan menipiskan dompet anda saja.
1. Iklan anda harus menarik pembaca sedemikian rupa sehingga halaman selanjutnya yang dituju iklan anda memberikan jawaban yang dicari pembaca iklan tadi.
Contoh sederhana:
Iklan anda:
PENGOBATAN TERBARU DIABETES AKUT
Anda penderita diabetes akut? Jangan tunda lagi, dapatkan informasi pengobatan diabetes akut terampuh sekarang juga.
Hanya dalam waktu satu bulan, tingkat gula darah anda akan menjadi normal dan stabil!
Pembaca akan bertanya: Pengobatan apakah itu?
2. Halaman yang dituju oleh iklan anda harus memberikan yang dijanjikan oleh iklan. Bila tidak klik ke halaman anda akan sia-sia.
Contoh:
Melanjutkan contoh sebelumnya:
Halaman yang dituju adalah langsung ke halaman yang menunjukkan metode pengobatan.
Pengobatan terbaru untuk diabetes akut adalah ... bla bla bla ..
3. Anda harus yakin bahwa hanya dan hanya orang-orang yang anda targetkan yang mengklik iklan anda. Dengan kata lain, anda harus dapat sebisa mungkin memastikan bahwa orang-orang yang mengklik iklan anda adalah orang-orang yang kemungkinan besar akan membeli produk anda.
Beberapa petunjuk menulis iklan yang dapat saya ungkapkan disini:
1. Identifikasi apa sebenarnya yang anda jual.
Pastikan anda memiliki ide yang jelas atas apa yang anda jual dan bagaimana ide itu berkaitan dengan iklan anda. Pilih kata kunci yang sesuai dengan website anda dan taruh kata kunci itu dalam iklan anda.
2. Persempit target market anda
Anda harus memahami kepada siapa anda menjual.
Contoh:
Anda ingin menjual produk kepada orang-orang yang menghargai kualitas tinggi walau harus membayar sedikit lebih mahal.
Anda dapat mencantumkan harga produk di iklan anda.
Dijamin iklan anda akan dijauhi oleh orang-orang yang mencari produk gratisan.
Jadi, persempit pasar anda.
3. Gunakan kata kunci agar iklan anda lebih terarah.
Anda harus memfokuskan iklan anda pada suatu subtopik. Menggunakan topik yang terlalu umum hanya akan menjauhkan anda dari konsumen yang benar-benar akan membeli produk anda. Beriklan dengan terarah itu penting.
Contoh:
Iklan layanan blackberry tidak dipampang di sembarang media atau tempat. Billboard dipampang pada area-area tertentu, dengan menyasar konsumen dengan kriteria tertentu (baca: penghasilan memadai)
4. Tulis iklan anda dengan nada persuasif.
Pada intinya, iklan penjualan memiliki SATU prinsip sederhana: Meyakinkan pembacanya untuk mengambil tindakan segera seperti apa yang diinginkan penulis iklan.
Contoh:
- mendaftar untuk memperoleh produk gratis
- membeli produk
Untuk dapat melakukan ini, anda harus dapat menarik perhatian pembaca (Judul Iklan), menjelaskan keuntungan yang paling dahsyat (Baris Pertama), dan menyediakan pembenaran logis untuk melakukan tindakan tsb (Baris Kedua)
Nah, coba deh review lagi iklan-iklan yang pernah anda buat. Apa sudah mengikuti petunjuk di atas? Masih untung kalo iklannya gratisan, kalau berbayar dan anda melakukan kesalahan, sayang kan biaya beriklan yang anda keluarkan ^_^
Sebenarnya aku masih mau sharing "template" untuk menulis iklan.. tapi udah harus siap2 berangkat refleksi ^_^ So, see you all next time yah.
Salam Sukses Luar Biasa,
Dewi Boss
0 comments:
Posting Komentar